DPMPTSP Bulungan Latih 41 Pelaku UMKM Penuhi Regulasi Usaha

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bulungan menggelar Pelatihan Sertifikasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SP IRT) dan Pendampingan Izin Langsung Melalui Analisa Identifikasi Solusi (Pil Manis) di Ruang Tenguyun Kantor Bupati Bulungan, Senin (10/7/2023).

Kegiatan yang dibuka Bupati Bulungan, Syarwani itu diikuti 41 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di Kabupaten Bulungan.

Kepala DPMPTSP Bulungan, Jahrah mengakui, di Bulungan telah banyak berdiri retail berjaringan. Hadirnya retail berjaringan itu membuka kesempatan produk UMKM lokal untuk dipasarkan.

Namun, agar bisa bersaing dengan produk lain, menurut Jahrah, harus memperhatikan persyaratan yang diberlakukan ratail berjaringan tersebut. Mulai dari ketersediaan, perizinan hingga jaminan kehigienisan.

“Kalau dia (UMKM) mau bersaing, dia harus perhatikan, karena retail-retail juga punya persyaratan. Kira-kira begini, ketersediaannya, harus ada setiap produk itu. Kemudian dari sisi packagingnya, yang paling penting itu dari sisi higienisnya,” ujar Jahrah kepada awak media, ditemui disela kegiatan.

DPMTSP Bulungan sendiri memiliki program Pil Manis yang bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM dalam mengurus peizinan

“Justru Pil Manis ini lebih prioritas ke UMKM. Kalau yang besar-besar kan mereka tidak perlu kita damping, mereka bisa sendiri. Kita juga ingin menghidupkan mereka supaya mereka bisa bersaing dengan syarat itu tadi. Mereka punya sertifikat, kalau mereka jalan sendiri saya yakin mereka kesulitan,” tuturnya.

Melalui kegiatan ini, Jahrah meninginkan, pelaku UMKM dapat termotivasi untuk meningkatkan kualitas produknya agar memiliki daya saing. Karena adanya produk dari luar masuk ke Bulungan. Seperti dari Samarinda, Berau, Tarakan dan lain-lain.

sumber : https://www.rri.co.id/tarakan/umkm/284715/dpmptsp-bulungan-latih-41-pelaku-umkm-penuhi-regulasi-usaha

Loading